Deklarasi 100 Tokoh Masyarakat

Dr (HC) Yusman Dawolo Bakal Calon Walikota Gunungsitoli 2024-2029

100 Tokoh Deklarasi Dr (HC) Yusman Dawolo Sebagai Bakal Calon Walikota Gunungsitoli 2024-2029.
Gunungsitoli, Sidiknews.com - Ratusan masyarakat Kota Gunungsitoli menghadiri deklarasi Dr (HC) Yusman Dawolo sebagai bakal calon Walikota Gunungsitoli tahun 2024-2029 oleh 100 tokoh masyarakat Kota Gunungsitoli, bertempat di restoran Grand Kartika, Gunungsitoli, Senin (04/03/2024).
 
Ketua Tim Pemenangan Dr (HC) Yusman Dawolo, Faridz Azis Zendrato SAP menyebutkan 100 tokoh yang hadir dalam deklarasi itu berasal dari berbagai kalangan dan latar belakang, dari desa dan Kecamatan di wilayah Kota Gunungsitoli.
 
Menurut Farids yang mampu memahami kebutuhan masyarakat kecil di Kota Gunungsitoli saat ini hanyalah Yusman Dawolo atau Bang YD. 
 
Sebagai bukti ia menyebutkan beberapa program Yusman Dawolo yang sudah berjalan selama ini seperti beasiswa kepada 136 orang pemuda Kota Gunungsitoli, bantuan kepada petani/nelayan, pengembangan dan bantuan kepada UMKM di Kota Gunungsitoli dan lainnya.
 
Salah tokoh masyarakat yang hadir Pdt Mediaman Zebua, MTh kepada wartawan mengatakan program Yusman Dawolo baik yang sudah berjalan mau pun program jika terpilih menjadi Walikota Gunungsitoli pada Pilkada mendatang sangat bagus, dan perlu didukung.
 
"Saya melihat pak Yusman Dawolo dalam menyampaikan programnya ada ketulusan dan ke ikhlasan untuk memajukan Kota Gunungsitoli yang kita cintai ini," kata Mediaman Zebua.
 
Menurut Mediaman Zebua yang mengaku gembala sidang di GKA itu, selama ini pembangunan di desa-desa terabaikan. Sehingga banyak desa di daerah pinggiran Kota Gunungsitoli sangat tertinggal.
 
"Saya juga sangat tertarik dengan beberapa program unggulan seperti penataan kota, pemberian beasiswa sampai lulus sarjana, bantuan pembangunan desa-desa dan lain sebagainya," pungkasnya.
 
Sementara, Dr (HC) Yusman Dawolo yang juga akrab disapa Bang YD mengajak masyarakat bersama-sama membangun Kota Gunungsitoli dengan slogan Smart City. Ia menyebutkan ada 19 program unggulan yang sudah ia siapkan jika terpilih menjadi Walikota Gunungsitoli pada pilkada mendatang.
 
Diantara program Bang YD tersebut ada 5 program yang lebih diunggulkan seperti : penyediaan lapangan kerja sebanyak 40 orang, pemberian beasiswa hingga lulus sarjana (S1) di setiap keluarga, pembangunan rumah layak huni sebanyak 1000 unit, pembanguan stadion sepak bola berkapasitas 20.000 penonton serta fasilitas olahraga di setiap Kecamatan, dan pemberian bibit babi unggul sebanyak 1000 ekor.
 
"Saya juga melihat jalan di desa-desa sudah banyak yang rusak, dan ini nanti akan menjadi prioritas. Kemudian jalan provinsi yang sudah rusak, jika kami terpilih kami akan segera melakukan lobi-lobi ke pemerintah Provinsi supaya jalan ini segera dibangun,"kata Bang YD.
 
Bang YD juga menyoroti ketidak transparan pengelolaan anggaran selama ini di Pemko Gunungsitoli, bahkan menurutnya alokasi anggaran sering tidak tepat sasaran. Ia mengatakan ketidak transparan dalam mengelola anggaran maka timbul niat untuk korupsi.
 
Salah satu contoh pemborosan anggaran menurut Bang YD adalah reklamasi pantai di daerah taman Kota Gunungsitoli menghabiskan anggaran puluhan miliar namun kurang bermanfaat.
 
"Disaat banyak masyarakat yang tidak mampu menyekolahkan anaknya, rumahnya tidak layak huni, pemerintah malah menghambur-hamburkan anggaran mereklamasi pantai," ungkap Bang YD dengan nada kesal.
 
"Kalau memang harus direklamasi mestinya pemerintah daerah harus mampu mendatangkan investor. Reklamasi itu pekerjaannya swasta pihak ke-3," sambungnya.(ad01).