Rat Tahun Buku 2023 Koperasi Konsumen Osseda Folala Sukses

Peran Koperasi Osseda Faolala dalam Pemajuan Ekonomi Lokal

Ketua Dewan Pengawas KK Osseda Folala Murniwati Waruwu Saat Memberikan Keterangan Pers

Gunungsitoli, Sidiknews.com - Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Konsumen (KK) Osseda Faolala Perempuan Nias untuk tahun buku 2023 telah sukses digelar di Gedung Salak Madu, Desa Faekhu, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli pada hari Selasa, 26 Maret 2024. 

Murniwati Waruwu, Ketua Dewan Pengawas KK Osseda Faolala Perempuan Nias, menyampaikan bahwa RAT ini memiliki dua agenda utama, yakni : laporan pertanggungjawaban tahun buku 2023 dan pemilihan kepengurusan Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas periode 2024-2029.

Murniwati Waruwu menyatakan harapannya agar pengurus dan pengawas yang terpilih dapat meneruskan dan bahkan meningkatkan lagi visi Osseda dengan terobosan-terobosan baru. 

Sebelum RAT, dilakukan pengembangan kapasitas dengan tema "Best Leader Lead" yang diikuti oleh pengurus dan anggota Koperasi Konsumen Osseda. Hal ini menunjukkan komitmen untuk mempersiapkan kepemimpinan yang berkualitas guna memajukan koperasi.

Pada kesempatan ini Murniwati Waruwu memaparkan capaian kinerja Koperasi Konsumen Osseda Faolala, saat ini memiliki empat unit usaha simpan pinjam, produk VCO beserta turunannya, produk kripik pisang gaen Osseda, training centre Osseda, penginapan, restaurant dan kolam renang.

"Dengan adanya usaha ini, diharapkan Koperasi Osseda semakin maju kuat sehingga kesejahteraan anggota meningkat," sebutnya.

RAT Koperasi Konsumen (KK) Osseda Faolala Perempuan Nias tahun 2023 resmi dibuka oleh Wali Kota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, dengan hadir pula Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Koperasi Kota Gunungsitoli, Forkopimda, dan undangan lainnya.

Walikota Gunungsitoli menyampaikan dengan adanya RAT dan proses pemilihan kepengurusan, diharapkan Koperasi Konsumen (KK) Osseda Folala Perempuan Nias dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi anggotanya serta masyarakat secara luas. 

"Semangat untuk memajukan koperasi sebagai salah satu instrumen ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menjadi landasan bagi langkah-langkah ke depan," ujar Walikota.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Sumatera Utara (Sumut) Dr Naslindo Sirait SE MM dalam sambutannya menyampaikan penting membangun fondasi yang kokoh untuk kemajuan sektor tersebut. Dia menekankan bahwa kemajuan institusi koperasi membutuhkan komitmen dari seluruh pihak terlibat. Menurutnya, bersatunya hati dan pikiran serta memulai pekerjaan dari hati adalah kunci utama.

Dalam pandangannya, koperasi hanya akan maju jika anggotanya memiliki peran yang aktif. Mereka adalah inti dari koperasi itu sendiri, sehingga penting untuk memupuk nilai-nilai solidaritas di antara mereka. Dia menegaskan bahwa pengelolaan koperasi harus dilakukan secara profesional dan efisien, serta perlu adanya upaya pengembangan yang terus-menerus.

"KK Osseda Folala, sebagai bagian dari langkah-langkah pengembangan, mendorong koperasi tersebut untuk menjadi yang terbaik di Indonesia. Ini menunjukkan ambisi tinggi untuk meningkatkan standar dan reputasi koperasi di tingkat nasional," ujar Sirait.

Dengan demikian, langkah-langkah yang diambil oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut menyoroti pentingnya komitmen, kolaborasi, dan pengelolaan yang efisien dalam memperkuat koperasi dan UKM di wilayah tersebut. Fondasi yang kuat dan pengembangan yang berkelanjutan menjadi landasan bagi kemajuan yang berkelanjutan di masa depan. Semua langkah ini bertujuan untuk memperkuat peran koperasi sebagai pemain utama dalam ekonomi lokal dan nasional.