Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Kepolisian Resor Nias Intensifikasi Pengawasan SPBU, Antisipasi Kecurangan Selama Mudik Lebaran 2024

Tampak Personil Polres Nias dipimpin oleh Kanit Gakum Satuan Lalu Lintas Polres Nias, Ipda Jasmar Zebua, S.H melakukan pengecekan disejumlah SPBU
Gunungsitoli, Sidiknews.com - Guna mencegah praktik kecurangan dalam penjualan bahan bakar minyak (BBM) selama arus mudik Lebaran 2024, Kepolisian Resor Nias mengintensifkan pengawasan terhadap sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di sekitar Kota Gunungsitoli. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan Operasi Ketupat 2024 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.
 
Menurut Kanit Gakum Satuan Lalu Lintas Polres Nias, Ipda Jasmar Zebua, S.H., Unit Sat Reskrim dan Sat Samapta Polres Nias telah melaksanakan patroli dan pengecekan tera BBM untuk memastikan keakuratan timbangan, takaran, dan meteran sesuai dengan standar transaksi perdagangan. "Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan keamanan serta kenyamanan masyarakat dalam pembelian BBM menjelang arus mudik Lebaran," ujarnya.
 
Jasmar Zebua menekankan bahwa pengecekan tera BBM tersebut bertujuan untuk mencegah praktik kecurangan yang dapat merugikan masyarakat selama periode mudik Lebaran. Selain itu, langkah ini juga dimaksudkan untuk memastikan bahwa masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan standar.
 
Patroli dan pengecekan SPBU dilakukan di beberapa titik strategis, antara lain SPBU Hutagalung di Desa Miga, SPBU Dachi di Desa Sifalaete Tab, SPBU Kadese di Jl. Diponegoro, dan SPBU Dachi di Jl. Gomo. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa stok BBM di SPBU tersebut aman selama bulan puasa dan masa libur panjang Lebaran 2024.
 
Meskipun kondisi stok BBM dipastikan aman, pihak kepolisian tetap melakukan patroli secara rutin guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Dengan demikian, diharapkan para pemudik dapat merasa nyaman dan aman saat berkendara serta mengisi BBM di SPBU di Kota Gunungsitoli.
 
Kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Nias ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memberikan perlindungan kepada masyarakat, terutama selama periode mudik Lebaran yang seringkali diwarnai oleh lonjakan arus kendaraan. Dengan adanya pengawasan yang ketat terhadap SPBU, diharapkan dapat memberikan rasa percaya kepada masyarakat bahwa mereka mendapatkan produk BBM yang berkualitas dan sesuai dengan yang dibayar.